Kenali dan Taklukkan 7 Alasan Mengapa Kita Tidak Membaca

Posted on
Kehilangan Penglihatan Bukan Penghalang Untuk Terus Membaca
Kehilangan Penglihatan Bukan Penghalang Untuk Terus Membaca

4. Gampang Bosan

Tidak ada yang memaksa kita menyelesaikan bacaan dalam satu waktu secara terus menerus.

Tandai bagian yang belum selesai kita baca, ambil kesimpulan dari bacaan terakhir kita sebelum mulai membaca buku yang lain.

Tetapi jangan lupa kembali ke buku tersebut jika kemauan dan kemampuan baca kita sudah lebih terasah dan kita sudah bisa membaca dengan waktu yang lebih panjang.

 

5. Tidak Terbiasa

Maka jadikan membaca sebagai kebiasaan, jadikan ini suatu yang dilakukan secara rutin.

Mulai dari membaca sebentar. Perpanjang waktu membaca menjadi lebih rutin.

Letakkan buku di mana ia mudah dilihat dan ditemukan. Tanpa sadar kita akan terbiasa untuk membaca.

Kebiasaan membaca adalah suatu hal yang bisa diwariskan pada anak-anak. Membacakan cerita untuk mereka juga adalah hal yang bisa membantu kita membiasakan membaca. Sambil membacakan kita jadi terlatih biasa membaca.

 

6. Susah Fokus

Membaca butuh komitmen dan waktu. Pelajari diri kita sendiri, apa saja yang membuat kita susah fokus? Televisi? Musik? Gawai? Orang yang berseliweran?

Sediakan satu waktu khusus untuk membaca.

Susah fokus sering dimiliki oleh orang yang terbiasa bekerja multitasking. Kemampuan ini baik digunakan saat bekerja dengan banyak hal sekaligus, tetapi tidak pada saat membaca, untuk mendapatkan esensinya kita perlu konsentrasi penuh.

Tidak perlu tiap hari tapi buat satu waktu khusus untuk membaca, 30-45 menit sebagai awal tidak masalah, ditambah sesuai dengan membaiknya kefasihan kita menggunakan waktu.

Jauhi tempat-tempat yang mengganggu konsentrasi kita. Cari tempat yang nyaman dan sepi. Jika di rumah, matikan TV, jangan dengarkan musik, selesaikan semua pekerjaan rumah terlebih dahulu.

Miliki target berapa buku yang akan kita baca dalam 1 bulan akan membantu kita memiliki fokus.