Tidak Depresi dan Cemas Lagi Setelah Makan Ini

Posted on

Tiga Jenis Depresi.

Semoga kamu tidak mengalaminya. Kalaupun iya, setidaknya mengenali kondisi merupakan awal yang baik dalam memperbaikinya.

Ini tiga jenis depresi:

  1. Depresi mayor. Depresi paling parah. Jenis ini timbul karena masalah sehari-hari atau kejadian traumatis yang menumpuk. Beberapa ciri-cirinya antara lain sering merasa cemas, sedih, malas melakukan aktivitas, mudah lekah, sulit berkonsentrasi, bingung, mudah lupa, sulit tidur atau malah tidur terus, gelisah, mudah merasa terganggu, malas makan atau makan tanpa henti, berpikir tentang kematian atau bunuh diri.
  2. Distimia. Depresi seacam ini lebih ringan daripada depresi mayor. Ciri-cirinya nyaris serupa dengan depresi mayor. Hanya saja penderita distimia masih bisa mengatur kehidupan dengan baik. Pengidap depresi ini sering tidak menyadari kalau mereka mengalami distimia.
  3. Gangguan bipolar atau depresi maniak. Penderita depresi tingkat ini memiliki suasana hati yng mudah berubah-ubah. Gelisah, terlalu bersemangat dan gembira, aktif, cerewet, kurang tidur, berani berlebihan dalam menerjang bahaya, merasa tidak mempunyai masalah. 

Sayangnya, masih banyak orang yang mengandalkan cara pengobatan tradisional dengan doa, jampi-jampi atau jamu untuk mengatasi suasana hati.

Yuk simak ciri-ciri orang yang sedang depresi di infografis ini:

CIRI-CIRI DEPRESI